Canon G7 (2006), Kamera Digital Jadul untuk Konten Youtube

Jika ingin belajar menggunakan kamera pada saat ini, kita mungkin tidak akan menggunakan kamera jadul karena memang tempat penyimpanan datanya berbeda dengan kamera pada jaman sekarang.

Jika pada kamera jaman dulu kebanyakan masih berupa analog bukan kamera digital yang artinya penyimpanan datanya masih berupa roll film. Namun jika kita ingin menggunakan kamera jadul yang sudah menggunakan SD card dan bukan roll film atau CompactFlash, yang kami rekomendasikan adalah Canon seri G7.

Canon G7 2016

kamera jadul canon g7 2016
Kamera jadul canon g7 2016 (image flickr.com)

Canon G7 ini merupakan kamera digital berjenis Compact yang dibuat pada tahun 2006.

Sebelumnya perlu diketahui canon G7 pernah diperbaharui di tahun 2014 dengan nama canon G7X, dan pada tahun 2016 dengan nama Canon G7X mark II. Sedangkan yang akan kita bahas adalah versi paling lama atau versi jadulnya Canon G7 yang dibuat pada tahun 2006.

Kenapa kami merekomendasikan kamera jadul Canon G7 untuk yang belajar foto digital?

Alasan pertama yaitu karena Canon G7 sudah menggunakan memory berjenis SDHC yang akan dengan mudah kita temui di berbagai toko kamera.

Alasan lain yaitu karena Canon G7 memiliki bentuk yang compact tidak sebesar kamera DSLR sehingga akan mudah untuk dibawa berpergian. Selain itu, Pada Canon G7 telah dibekali settingan manual termasuk manual focus.

Jika kita membeli compact kamera atau kamera pocket di jaman sekarang, kebanyakan tidak terdapat settingan manual. Jika pun ada settingan manualnya biasanya hanya setting manual untuk ISO, aperture dan shutter speednya saja, untuk focusnya biasanya berupa auto focus.

Sedangkan di Canon G7 kita bisa menentukan focus object sendiri secara manual, hal ini sangat penting sekali bagi yang belajar foto.

Pada Canon G7 juga terdapat hot shoe untuk kamera flash eksternal. Hot shoe adalah dudukan lampu flash eksternal yang bertujuan untuk menambahkan cahaya lewat lampu flash eksternal jika lampu flash bawaan dirasa kurang terang.

Meskipun kamera jadul, aksesoris untuk Canon G7 masih bisa kita temui di toko-toko online, sehingga kita tidak akan kesulitan ketika mencari aksesoris seperti filter, baterai, mount, lampu, dll.

Jika berbicara spesifikasi, Canon G7 memiliki spesifikasi kamera lama, hanya beresolusi 10MP. Namun tenang saja, soal kualitas tak perlu diragukan lagi.

Meskipun kamera ponsel saja kini resolusinya sudah banyak yang lebih tinggi, namun jika kita bandingkan kualitasnya tentu kamera Canon G7 bisa diadu dengan kamera di jaman-jaman sekarang.

Spesifikasi Kamera Jadul Canon G7

Kamera jadul digital canon g7
Kamera jadul canon g7 2016 (image flickr.com)

Berikut spesifikasi lainnya dari canon g7 2016:

  • 10.0 Megapixels dengan resolusi maksimal 3648 x 2736
  • 6x optical zoom lens dengan optical Image Stabilizer dan SR coating
  • Processor DIGIC III dan iSAPS dengan fitur Advanced Noise Reduction serta Face Detection AF/AE
  • Ukiran LCD 2.5” high-resolution, dengan wide viewing angle dan anti-glare coating
  • ISO max 1600 tanpa lampu flash, cocok untuk juga dipakai di tempat minim cahaya (low light)
  • Ergonomic design dengan dedicated ISO dan Multi Control dials, juga mudah dalam pengoperasian
  • 25 shooting modes yang bisa disetting full manual control dan 2 custom settings
  • Extra telephoto dengan Digital Tele-Converter and Safety Zoom, sehingga hasilnya tetap baik dalam zoom
  • Hot shoe support menggunakan lampu Canon Speedlite flashes atau aksesoris lainnya
  • Lens (35mm equiv.) 35-210mm
  • Image Stabilization
  • Aperture Range F2.8 – F4.8
  • Minimal jarak focus (macro) 1cm
  • Sensitivity ISO 80-1600*
  • Memiliki 25 bahasa
  • Merekam Video dengan kualitas  maksimal 1024 x 768 @ 15fps
  • Ukuran 106.4 x 71.9 x 42.5 mm
  • Berat 320gram

Baca juga: Rekomendasi 10 Kamera Jadul Vintage Terbaik

Jika dilihat dari spesifikasi sensor kamera serta prosesornya, kamera ini juga cocok buat kamu yang ingin membuat video untuk youtube.

Selain itu, sensor canon dikenal cukup baik dalam menghasilkan gambar di dalam ruangan yang minim cahaya (lowlight). Sehingga kamera ini bukan hanya cocok buat yang pemula, namun juga rekomended untuk expert dan professional.

Tentu saja setiap ada kelebihan pasti ada kekurangannya. Canon G7 tidak memiliki gambar dengan format raw yang artinya kita tidak akan bisa mengambil gambar yang belum diproses oleh prosessor atau gambar asli tanpa melalui tahap pemrosesan oleh prosessor.

Sehingga gambar yang akan kita dapat hanya berupa gambar dengan format JPG saja, namun tentu ini tidak terlalu penting bagi sebagian orang.

Jika ingin yang memiliki raw bisa didapatkan pada canon G9. Selain itu ada juga canon G12 yang layarnya bisa diputar sehingga bisa untuk selfie dan video selfie.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.